Mengubungkan Jframe Form pada Laporan di Ireport

Sebelumnya kita telah belajar cara membuat sebuah laporan dan belajar cara membuat sebuah project, akan tetapi untuk project yaa project dan sedangkan untuk laporan tetap laporan masih belum bisa terhubung satu sama lainnya. Jika kita menginputkan data ke dalam database, data masih bisa tampil di dalam tabel dan jika kita telah membuat sebuah laporan menggunakan iReport dan data yang terdapat di tabel pada database tadi ingin kita print atau ingin kita lihat dalam berbentuk laporan kita harus menghubungkan terlebih dahulu supaya data yang terdapat pada database akan indah terlihat nya jika kita telah membuatnya pada sebuah laporan.

Untuk menghubungkan dari form biasa yaitu pada form transaksi yang pernah di bahas sebelum – sebelumnya ke form laporan yang telah dibuat menggunakan iReport, maka kita buat terlebih dahulu form baru atau bisa juga pada form transaksi terserah mau dibuat nya pada form yang mana, akan tetapi disini saya akan membahas tentang menghubungkan laporan dari form baru tidak dari form transaksi. Cara untuk membuat form baru bisa dilihat pada artikel sebelumnya atau kita bahas saja jika tidak mau lihat artikel yang sebelumnya, cara untuk membuat form baru yaitu pada package inputan klik kanan dan pilih New lalu pilih lagi Jframe Form, berinama terserah saja tapi disini beri nama Laporan.

Setelah terbentuk sebuah Form kosong, maka tambahkan sebuah Tombol. Untuk caranya pasti tau lahh karena sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Dan beri nama Lihat Laporan , untuk nama tombol terserah saja soalnya tidak mempengaruhi pada pemberian perintah kode.

Lalu Masukan sebuah Kode dibawah ini tepat di bawah “ package inputan; “ :
import java.io.File;
import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;
import java.sql.Statement;
import java.util.HashMap;
import java.util.logging.Level;
import java.util.logging.Logger;
import net.sf.jasperreports.engine.JasperCompileManager;
import net.sf.jasperreports.engine.JasperFillManager;
import net.sf.jasperreports.engine.JasperPrint;
import net.sf.jasperreports.engine.design.JasperDesign;
import net.sf.jasperreports.engine.xml.JRXmlLoader;
import net.sf.jasperreports.view.JasperViewer;
import javax.swing.JOptionPane;
import koneksi.koneksi;


Setelah menambahkan Kode tersebut, kembali lagi ke menu design. Pada tombol yang telah kita buat tadi: Klik Kanan Tombolnya, Lalu pilih Events, Lalu pilih Action, dan Pilih actionPerformed. Lalu masukan Kode dibawah ini Tepat di dalam perintah pemberian Tombol tadi:
JOptionPane.showMessageDialog(this, "Mohon Tunggu Sebentar!!");
try {
Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver").newInstance();
Connection koneksi = DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://localhost:3306/db_pulsa", "root","");
HashMap parameter=new HashMap();
File file = new File("src/laporan/tot_trans.jrxml");
JasperDesign JasperDesign = JRXmlLoader.load(file);
net.sf.jasperreports.engine.JasperReport JasperReport = JasperCompileManager.compileReport(JasperDesign);
JasperPrint jp = JasperFillManager.fillReport(JasperReport, parameter,koneksi );
JasperViewer.viewReport(jp, false);
} catch (Exception e) {
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Data tidak dapat dicetak!","Cetak Data",JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
}

Setelah berhasil membuat kode, coba jalankan. Apabila terdapat sebuah kesalahan atau error saat menjalankan, mungkin ada yang salah pada program atau pada penulisan / penambahan kode. Jika masih saja salah silahkan tulis di komentar, atau bisa hubungi di contact us apa kesalahan nya nanti biar admin bantu dalam proses menghubungkan dari JFrame Form ke Laporan menggunakan iReport JasperReport. Apabila tidak ada kesalaha apapun lagi, maka jadilah cara mengubungkan Project Aplikasi ke Laporan.

Maka Selesailah proses untuk mengubungkan Jframe Form pada Laporan di Ireport. Mohon Maaf apabila ada Salah Penulisan Kata/Kalimat. Semoga dengan artikel ini, dapat membantu Kalian dalam membuat Project Java Appication, Terima Kasih sudah mengunjungi. Jangan Lupa untuk Like dan Share artikel ini, Semoga Bermanfaat.
Mengubungkan Jframe Form pada Laporan di Ireport Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 comment:

Unknown said...

data tidak bisa di cetak kenapa ya min? mohon infonya