Cara menghubungkan prolog dengan Netbeans

prolog and netbeans
Untuk sebelumnya mohon maaf untuk para guru, jika artikel ini tidak membahas apa yang anda cari/inginkan, berhubung ini blog tentang pendidikan, tidak ada salahnya jika saya memposting artikel tentang pendidikan, lebih jelasnya artikel tentang dunia perkuliahan.

Untuk selanjutnya, Untuk pada mahasiswa/mahasiswi yang kebingungan dan masih kepikiran tentang cara menghubungkan swi prolog dengan java netbeans tapi tidak tau caranya dan akhirnya tugas pun menjadi terbengkalai, maka disini pada blog Siabus Guru akan memberikan artikel tentang cara menghubungkan prolog dengan Netbeans.

Untuk para mahasiswa/mahasiswi, para dosen yang sedang belajar tentang swi prolog dan ingin mengeksplorasi swi prolog dengan bahasa programan lainnya seperti menggunakan java Netbeans (Dekstop Base) ataupun php (Web Base), maka pada blog Siabus Guru akan menjelaskan tentang cara menghubungkan prolog dengan Netbeans. Berikut cara singkat nya :
1. Buat link PATH pada 'Environment Variables..', caranya :
Klik kanan my computer > properties > pilih Advanced System Settings > pilih Environment Variables.. > pada menu System variables, cari PATH lalu jika sudah ketemu Klik PATH tersebut lalu klik tombol edit > hapus link sebelumnya gantikan dengan :
C:\Program Files\swipl\bin;C:\Program Files\swipl\lib\jpl.jar;C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_11\bin;C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_11\lib\tool.jar;C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_11\jre\lib\rt.jar
Setelah selesai klik OK dan OK (untuk cara lebih jelasnya bisa lihat pada video)

Cat. :
- Mengganti link PATH gunanya untuk membuat library pada java netbeans. Jika sudah lanjut pada tahap 2.
- Ada baiknya, sebelum mengganti link pada PATH. Link PATH yang sebelumnya (link PATH original) jangan di hapus tapi di Backup (copy ke notepad) terlebih dahulu untuk mencegah adanya peringatan : 'ping' is not recognized as an internal or external command,
operable program or batch file. (pengalaman pribadi :) )

2. Buat Project Baru pada Netbeans lalu tambahkan library prolog
Pada menu Projects > klik kanan Add library... > Klik tombol Create > Library name ketik dengan 'prolog' Library Type biarkan saja dengan 'Class Library' > Klik tombol Add JAR/Folder > cari file jpl.jar pada : C:\Program Files\swipl\lib\jpl.jar > Klik tombol Add JAR/FOLDER > Klik OK (untuk cara lebih jelasnya bisa lihat pada video)

3. Buat project swi prolog (misalkan silsilah keluarga ), lalu simpan pada folder project netbeans yang telah tadi dibuat.

4. Ketikan Source Code nya. (source code bisa dilihat pada video)

5. Mainkan. :D

Berikut tampilan pada program :

Untuk tutorial video, bisa dilihat pada video dibawah (jangan kaget dengan bahasanya karena untuk mahasiswa informatika berbeda bahasa tapi jika OS nya sama windows kita bisa ngikutin langkah langkah untuk tutorial pada video dibawah ini) :
- Untuk langkah-langkah PATH bisa di lihat pada video ini :

- Untuk Source Code contoh silsilah keluarga, bisa dilihat pada video ini :

Sebenarnya untuk tutorial 2 video di atas sama saja untuk menghubungkan SWI Prolog dengan Java Netbeans, akan tetapi untuk video pertama, tutorial mengganti PATH nya diterangkan secara jelas (dapat link PATH dari mana) akan tetapi untuk source code bukan dengan silsilah keluarga Untuk video kedua justru sebaliknya, untuk tutorial PATH tidak diterangkan secara jelas cara mengganti link PATH (dapat link PATH dari mana), akan tetapi untuk source code menggunakan silsilah keluarga

Demikianlah Cara menghubungkan SWI Prolog dengan Java Netbeans, Semoga dari Artikel Pada Blog Silabus Guru dapat membantu anda sekalian, Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog ini dan Semoga Bermanfaat. :)
Cara menghubungkan prolog dengan Netbeans Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

No comments: