25 cara memotivasi siswa

Memotivasi murid merupakan tindakan wajib yang para guru harus lakukan dalam proses pembelajaran, karena dengan memotivasi para murid membantu mereka untuk fokus agar studi mereka menjadi lebih baik dan terlebih lagi, supaya para murid dapat membantu dalam memperbaiki tujuan hidup mereka.

Memperbaiki Tujuan Hidup Mereka, maksudnya banyak dari para murid yang kehilangan minat dalam studi mereka karena kurangnya motivasi, perhatian dan bimbingan dari para guru guru mereka. Kehilangan minat dalam studi dapat membuat kegagalan dalam hidup mereka ketika menjadi dewasa nanti.
motivasi

Ada 2 jenis dalam Hal Memotivasi Para Murid, yang pertama motivasi intrinsik (motivasi yang membuat murid tertarik pada pekerjaan karena kemauan dan pikiran yang kuat dari murid tersebut) dan motivasi ekstrinsik (motivasi yang membuat murid bekerja keras dan belajar dengan tujuan untuk mendapatkan hadiah ataupun dipuji oleh orang tua / guru).

Disini pada Blog Silabus Guru terdapat 21 Cara untuk Memotivasi Para Murid dalam proses Pembelajaran Mereka, Motivasi motivasi diantaranya sebagai berikut :

#1 - Tanggung Jawab

Tanggung Jawab disini yaitu beri kepercayaan pada para murid untuk memilih dan mengontrol kegiatan yang terdapat dalam kelas, sebagai contoh mengizinkan untuk memilih tugas yang akan dikerjakan sehingga membantu para murid dalam hal tanggung jawab dan mandiri.

#2 - Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran disini memberi tahukan pada para murid tujuan, aturan dan sesuatu yang akan didapatkan kedepannya supaya para murid tidak pusing dan mereka memiliki tujuan dan hasil kedepannya nanti.

#3 - Kondisi Nyaman

Beri Kondisi yang nyaman, aman dan mendukung bagi para murid saat melakukan proses pembelajaran di kelas, supaya para murid tetap termotivasi untuk melakukan pekerjaan mereka.

#4 - Gaya Mengajar

Gaya Mengajar disini merupakan tindakan supaya para murid tidak bosan dengan proses pembelajaran, ubah gaya mengajar seperti belajar diluar kelas, belajar di perpustakaan, dll. Hal tersebut dapat membuat Otak mereka dapat hal hal yang baru dan tetap fresh yang akhirnya akan lebih termotivasi.

#5 - Pengalaman

Pengalaman disini maksudnya mencampur beberapa pelajaran, sehingga para murid dengan preferensi yang berbeda beda masing-masing membuat waktu terfokus pada hal-hal yang mereka sukai. Melakukan hal ini akan membantu siswa tetap terlibat dan memperhatikan.

#6 - Persaingan Positif

Menciptakan persaingan untuk para murid pada beberapa kasus akan dapat memotivasi agar lebih berusaha lebih keras dan bekerja untuk unggul dengan murid yang lainnya. persaingan positif tersebut berupa pertandingan grup yang terkait pada materi materi untuk memamerkan pengetahuan yang dimiliki mereka.

#7 - Hadiah

Hadiah yang dimaksud dalam hal ini yaitu berupa menonton film, pemberian stiker pada buku atau lembar kerja mereka, supaya para murid dapat bekerja lebih keras dan benar-benar mencapai tujuan yang dicapai mereka.
[1] [2] [3] | Selanjutnya
25 cara memotivasi siswa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

No comments: