Cara Meletakan Form di Tengah, membuat Tombol Menjadi Aktif dan Tidak Aktif

posisi form di tengah dan tombol aktif dan tidak aktif

Sebelumnya kita telah berhasil membuat sebuah project aplikasi dengan membuat perintah CRUD pada project Java di dalamnya, akan tetapi project tersebut masih belum dikatakan sempurna. Kenapa ? karena masih terdapat banyak kekurangan pada program tersebut. Salah satunya yaitu saat menyimpan / menginputkan data ke dalam database, pada tabel tidak terlihat secara langsung data yang di masukan tadi, project harus dikeluarkan terlebih dahulu lalu di jalankan kembali, baru terlihat data yang masuk. Kalau begitu sangat tidak efektif pada project tersebut. Bukan hanya saat menyimpan, tapi saat mengedit dan menghapus pun sama saja.
Maka dari itu, kita akan menambahkan sesuatu yang kurang pada listing project tersebut. Sekaligus kita akan mendesain tombol tersebut saat pertama kali menjalankan project tombol edit dan tombol hapus, berada pada Mode Tidak Aktif ( mode tidak bisa di klik tombol ) yang bisa di klik hanya tombol simpan. Dan apabila kita mau mengedit data atau menghapus data , tombol edit ataupun tombol hapus menjadi mode Aktif , dan untuk tombol simpan menjadi Mode Tidak Aktif ( karena saat kita akan mengedit atau menghapus sebuah data maka data tersebut tidak harus di simpan kembali ). Sekaligus saat pertama kali project di jalankan , project tersebut berada di tengah tengah , tidak berada pada posisi pojok kiri atas.

1. Menambahkan kode tambahan untuk membuat form project berada di tengah tengah ( lokasi / letak project di tengah tengah layar komputer )
Masukan sebuah Kode di bawah “ public transaksi() { initComponents(); “ lalu di bawah kode “ BacaTabel(); “ :
setLocationRelativeTo(this);

2. Menambahkan Sebuah Kode saat pertama kali di jalankan ( Tombol Simpan menjadi Mode Aktif dan Tombol Edit dan Tombol Hapus menjadi Mode Tidak Aktif )
Pada Saat pertama Kali Project di jalankan Tombol Simpan akan tetap menjadi Mode Aktif, sedangkan Untuk Tombol Edit dan Tombol Hapus menjadi Mode Tidak Aktif. Caranya tambahkan sebuah kode dibawah ini dimana saja ( asal jangan di dalam kode perintah Tombol ) :
private void awal() {
txKode.setText("");
txNope.setText("");
txNama.setText("");
txHarga.setText("");
txKet.setText("");
cbStat.setSelectedItem(null);
TSimpan.setEnabled(true);
TEdit.setEnabled(false);
THapus.setEnabled(false);
}

Masukan sebuah Kode di bawah “ public transaksi() { initComponents(); “ lalu di bawah kode “ con.Class(); “ :
awal();

3. Menambahkan Kode pada memilih atau mengklik data pada Tabel ( Tombol Edit dan Tombol Hapus menjadi Mode Aktif dan Tombol Simpan menjadi Mode Tidak Aktif )
Lalu kita harus menambahkan sebuah Kode saat kita memilih atau mengklik sebuah data pada Tabel dan hendak ingin mengedit atau menghapus data pada tabel tersebut, tombol Edit dan tombol Hapus menjadi Mode Aktif dan tombol simpan menjadi Mode Tidak Aktif. Tambahkan Kode dibawah ini dimana saja ( asal jangan di dalam kode perintah Tombol ) :
private void SetEdit() {
TSimpan.setEnabled(false);
TEdit.setEnabled(true);
THapus.setEnabled(true);
}

Masukan sebuah Kode di bawah “ private void TabelMouseClicked(java.awt.event.MouseEvent evt) { “ :
SetEdit();

4. Menambahkan Script yang kurang Pada Tombol Simpan, Edit dan Hapus

TOMBOL SIMPAN

Masukan sebuah Kode di bawah “ JOptionPane.showMessageDialog(this, "Data sukses di input"); “ :
BacaTabel();
awal();

TOMBOL EDIT
Masukan sebuah Kode di bawah “ JOptionPane.showMessageDialog(this, "Data sukses di input"); “ :
BacaTabel();
awal();

TOMBOL HAPUS
Masukan sebuah Kode di bawah “ JOptionPane.showMessageDialog(this, "Data sukses di input"); “ :
BacaTabel();
awal();

Jika lupa cara untuk membuat koneksi bisa dilihat pada postingan sebelumnya, atau bisa di lihat pada menu 'Daftar Isi' pada bagian 'Java' atau bisa di klik pada link tautan tersebut :

BACA JUGA : CARA MEMBUAT KONEKSI DARI JAVA NETBEANS KEDATABASE MYSQL

Sekian untuk membuat project aplikasi dengan membuat letak Form berada di Tengah, membuat Tombol Menjadi Aktif dan Tidak Aktif. Mohon Maaf apabila ada Salah Penulisan Kata/Kalimat. Semoga dengan artikel ini, dapat membantu Kalian dalam membuat Project Java Appication, Terima Kasih sudah mengunjungi. Jangan Lupa untuk Like dan Share artikel ini, Semoga Bermanfaat.
Cara Meletakan Form di Tengah, membuat Tombol Menjadi Aktif dan Tidak Aktif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

No comments: