Membuat Database pada Phpmyadmin dengan mudah dan cepat

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah ilmu pengetahuan tentang cara membuat database pada phpmyadmin dengan mudah dan cepat. Untuk pembuatan database banyak versi yang digunakan, bisa membuat database melalui command promt atau bisa juga melalui halaman phpmyadmin. Disini saya akan memberikan cara untuk membuat database seperti yang dilakukan pada command prompt akan tetapi pembuatan nya di phpmyadmin. Pertama buat dulu database nya pada phpmyadmin dengan nama : db_pulsa

buatdatabase

 Bagaimana bisa? Yaa tentu saja bisa. Cara ini apabila kita telah mempunyai sebuah catatan / teks seperti perintah yang akan dibuat pada command promt tinggal masukan saja pada perintah SQL di phpmyadmin. Untuk perintah SQL nanti akan di sediakan di bawah dengan caranya.
Proses pembuatan pada phpmyadmin, bisa dengan 2 cara yaitu dengan pembuatan tabel pada menu ‘Create new table on database [nama_database]’ dan dengan cara menuliskan via menu ‘SQL’ seperti pada gambar di bawah ini. Akan tetapi berhubung saya disini akan membuat database dengan menggunakan perintah SQL seperti membuat database pada command promt, maka langsung saja pilih menu ‘SQL’ seperti pada gambar dibawah ini.

SQL


Dan Berhubung kita akan membuat sebuah project Java dari 0% sampai 100% seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, maka pembuatan database juga sangat perlu pada proses ini. Untuk database telah saya siapkan dan tinggal ketik saja oleh anda untuk sebuah contoh tentunya. Karena pembuatan project dari 0% sampai 100% ini adalah sebuah latihan untuk anda dalam proses pembuatan aplikasi di java Netbeans. Jika proses pembuatan database ini telah selesai, maka tinggal buat scipt koneksi untuk menyambungkan database MySQL ke Java Netbeans.

Perintah SQL untuk membuat tabel transaksi untuk digunakan pada program yang akan dibuat nantinya yaitu sebagai berikut :

pembuatan pada SQL

TABEL TRANSAKSI
CREATE TABLE `trans` (
`id_trans` varchar(20) NOT NULL,
`nope` varchar(15) NOT NULL,
`nama` varchar(20) NOT NULL,
`ket` varchar(30) NOT NULL,
`hjual` int(11) NOT NULL,
`status` varchar(10) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`id_trans`));

  
Perintah tersebut di ketik, lalu pada menu SQL tadi pastekan di situ lalu Klik Go untuk membuat, maka jadilah sebuah tabel transaksi yang bisa digunakan pada program java application yang terhubung ke database. Karena disini akan membuat sebuah project aplikasi, maka perlu dibutuhkan tabel yang lainnya, tidak hanya tabel transaksi. Cara pembuatan tabel pun sama seperti di atas , untuk kode sql pembuatan tabel bisa dilihat di bawah :

TABEL MEMBER
CREATE TABLE `member` (
`nope` varchar(15) NOT NULL,
`nama` varchar(20) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`nope`));


TABEL PULSA
CREATE TABLE `pulsa` (
`kode` varchar(10) NOT NULL,
`operator` varchar(20) NOT NULL,
`hpotong` int(11) NOT NULL,
`hjual` int(11) NOT NULL,
`ket` varchar(30) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`kode`));


TABEL SALDO
CREATE TABLE `saldo` (
`id_saldo` varchar(3) NOT NULL,
`nominal` int(11) NOT NULL,
PRIMARY KEY (`id_saldo`));


Nanti setelah selesai membuat tabel tabel akan terbentuk 4 tabel pada database , tabel tabel tersebut akan sangat mempengaruhi pada proses pembuatan aplikasi ini. Dan jika sebelumnya telah membuat form transaksi, maka buat lagi 3 form untuk melengkapi form transaksi yang telah dibuat pada artikel sebelumnya. Pembuatan form bisa dilihat pada artikel sebelumnya. Buat 3 form seperti pada gambar di bawah ini, rubah nama variabel pada masing masing textfield, button dan tabel untuk memudahkan proses pemberian perintah kode pada masing masing tombol.

Buat form sesuai dengan gambar di bawah ini, buat sendiri oleh kalian ( itung itung latihan membuat sendiri ), untuk kode pada masing masing form sama seperti pada pembahasan sebelumnya yaitu pada artikel Cara membuat CRUD pada project Java dan Meletakan Form di Tengah, membuat Tombol Menjadi Aktif dan Tidak Aktif.

FORM SALDO
 
saldo


FORM OPERATOR

operator

FORM MEMBER

member

Sekian untuk pembuatan database pada phpmyadmin dan pembuatan form untuk melengkapi pada proses pembuatan java aplikasi. Mohon Maaf apabila ada Salah Penulisan Kata/Kalimat. Semoga dengan artikel ini, dapat membantu Kalian dalam membuat Project Java Appication, Terima Kasih sudah mengunjungi. Jangan Lupa untuk Like dan Share artikel ini, Semoga Bermanfaat.

Membuat Database pada Phpmyadmin dengan mudah dan cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

No comments: